Menjemput Email Otomatis

Diposting oleh Street Spirit | 11:33 AM | | 2 komentar »

Email merupakan sarana messaging yang memiliki kemampuan yang paling luas. Disamping karakter yang tidak dibatasi, kita juga bisa menyertakan file tambahan sebagai attachment. Formatnyapun lebih banyak didukung bila dibandingkan dengan MMS yang hanaya mendukung gambar, video dan suara. MMS disini dalam artian yang sebenarnya (Multimedia Messaging Services) bukan Miskol Miskol Saja. Dengan adanya prangkat ponsel, email yang dulu identik dengan saluran internet dan PC ini sekarang bisa diajak jalan-jalan dan bisa menghemat waktu dan uang. Kita bisa membuka dan membalas email dimanapun dan kapanpun kita berada.
PDA ato Pocket PC dengan embel-embel assistannya dianggap mumpuni dalam hal ini. Selain memiliki fitur yang identik dengan komputer, PDA pun dibuat dengan hardware yang memadai (hanya dalam ukuran yang mini). Tak sedikit para pengguna PDA yang kurang memaksimalkan fitur email, hanya memanfaatkannya untuk email client. Itu karena email membutuhkan perlakuan khusus yang tak seperti sms, dimana kita harus membuka internet dan melakukan receive secara manual.

Tetapi sebenarnya anda bisa langsung menjemput email tadi secara ostosmastis (ealah kebanyakan s nya jadi dingin deh, maksudnya otomatis, red) dengan hanaya memanfaatkan aplikasi bawaan PDA. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1.
Buka program messaging. Anda bisa mengaksesnya di tampilan Today ato masuk ke program. Jika sudah klik Menu > Tools > pilih Options…

Langkah 2.
Di sini terketak nama-nama akun email yang telah anda miliki dan sebuah pilihan untuk membuat email baru (New Account). Jika belum ada maka hanya ada file New Account. Jika mau mengedit email yang telah anda miliki pilih akun anda dan jika mau buat baru pilih new account. Oh iya, dengan pilihan tadi tidak akan mempengaruhi langkah berikutnya.

Langkah 3.
Setelah anda memilih, maka halaman baru akan muncul. Isinya area untuk mengisikan alamat email. Jika langkah sebelumnya anda memilih mengedit akun anda maka area ini sudah terisi. Jika membuat baru maka isikan alamat email anda. Klik Next.

Langkah 4.
Dihalaman ini anda akan mendapati halaman user information. Isikan bagi anda yang membuat akun baru, ato lewati bagi anda yang mengedit. Klik next, kembali di sini ada account information. Isikan dengan benar. Untuk anda yang mengedit, halaman ini tidak bisa diutak-atik. Klik next hingga anda menemukan halaman server information. Isikan informasi server dengan benar, lalu klik options. Inga’ inga’, jangan langsung klik finish.

Lankah 5.
Di pilihan option anda akan menemukan 3 halaman pengaturan baru, tapi yang paling penting adalah halaman pertama. Berikan tanda centang [V] pada pilihan Connect and check for new message every : (anda bisa mengatur periode pengambilan email di kotak minute(s) yang telah disediakan. Jangan lupa untuk memilih jenis koneksi yang tepat. Klik next hingga halaman terakhir lalu klik finish. Done alias selesai.

Menjemput Hotmail MSN
Bagi anda pengguna akun Hotmail dari MSN, email bisa diterima secara realtime tanpa perlu koneksi manual. Syaratnya, di menu Pocket MSN anda melakukan setting dengan menekan options > Hotmail, lalu berikan tanda centang [V] di pilihan Download new email automatically. Sayangnya fitur mail exchange ini tidak memberi keleluasaan untuk mengatur periode alias jangka waktu pengambilan email.

Selamat mencoba dan menikmati layanan Push Email….


Artikel Terkait:

2 komentar

  1. Anonymous // March 23, 2009 at 10:29 AM  

    kalau pake yahoo mail harus koneksi dl ya?trims

  2. Anonymous // March 23, 2009 at 1:47 PM  

    @ Anonim > tutor diatas bisa untuk yahoomail atopun gmail.

Post a Comment

Bagi temen-temen yang pengen komentar silakan komentar, tapi yang baik-baik aja ya?!..he..he..