Cara Jitu Hemat Internet

Diposting oleh Street Spirit | 4:07 PM | | 6 komentar »

Setelah sekitar satu minggu bergelut dengan cidera punggung yang kudapat pada saat Voly, hari ini aku posting cara berhemat internet. Postingan kali ini memang tidak ada aplikasi PDA, tapi terdapat hubungan secara tidak langsung antara hemat internet dengan PDA atopun handphone alias ponsel. Terutama bagi kalian yang menggunakan handset baik PDA maupun ponsel sebagai modem internet. Nah, penghematan ini tidak mengurangi durasi maupun frekuensi pemakaian, tapi dengan beberapa teknik ringan. Misalnya bagi pengguna internet yang mengandalkan akses CDMA atopun GSM volume based, dengan mengurangi tampilan gambar atau menonaktifkan fitur multimedia lain pada browser.

Berikut ini adalah beberapa cara menghemat biaya internet:
1. Menonaktifkan konten multimedia
Bagi pengguna Internet Explorer (IE), pilihan penonaktifan ada di menu "Tools > internet option > advance". Lalu cari bagian "Multimedia". Jika sudah, hilangkan tanda cek list dibeberapa pilihan seperti "Show image..., Play animation...,Play sound..." dan yang laen yang kalian anggap tidak terlalu penting.
Bagi pengguna Opera, masuk ke menu "Tools > Preferances > Advance"
Bagi pengguna Fire Fox ada di "Tools > Option > Content".
Dengan begitu, tidak akan banyak file yang akan didownload, tapi cara ini mungkin akan membuat anda tidak nyaman

2. Menonaktifkan download otomatis
Beberapa sofware terdapat pilihan download otomatis, hal ini terkait dengan layanan pembaruan (up date) yang dibuat oleh pengembang. Misalnya antivirus.
Terkadang ketika download otomatis ini aktif tidak disertai dengan pemberitahuan terlebih dulu. Sehingga kita tidak sadar ternyata pulsa terkuras banyak. Untuk itu perhatikan lagi aplikasi yang ada di PC ato Laptop anda.

3. Menggunakan Web Acceletor
Anda bisa menggunakan Google Web Accelerator, yang didesain khusus untuk memepercepat akses internet. Cara ini jelas bisa menghemat biaya internet anda.
Agar bisa menggunakan Google Web Accelerator, PC anda harus bersistem minimal Windows XP ato Windows 2000 dan browser IE versi 5.5 keatas, Mozzila 2.0. Untuk browser lain sebenarnya bisa, tapi kalian harus mengkonfigurasi proxy settings dari bwoser anda dengan menambah 127.0.01:9100 pada HTTP.
Setelah instalasi selesai, Google Web Accelerator akan menampilkan ikon kecil di atas browser dan ikon tray dipojok bawah layar.

Ok's, semoga cara diatas bisa menghemat biaya internet kalian.

Artikel Terkait:

6 komentar

  1. Anonymous // August 28, 2008 at 9:32 PM  

    info bagus...top

  2. Anonymous // August 29, 2008 at 2:48 PM  

    menurut ku bos... klo berkunjung ke blog silahkan berkomentar...he2 bukan hannya tulis di buku tamu aja..http://arifhartono.com/2008/08/23/tips-menaikkan-traffik-blog-kita-yang-paling-sederhana/

  3. Anonymous // August 29, 2008 at 10:19 PM  

    @ aha > thx mas arif masukannya, tapi aku pernah kok kasih komentar di blog anda tapi aku lupa di posting yahng mana.

  4. Anonymous // September 1, 2008 at 6:32 AM  

    nice tips..

  5. Anonymous // September 1, 2008 at 10:35 AM  

    @ yudi > terima kasih mas yudi....

  6. Anonymous // October 22, 2008 at 2:43 PM  

    Saya udah coba HematNet.com, hasilnya memuaskan.

Post a Comment

Bagi temen-temen yang pengen komentar silakan komentar, tapi yang baik-baik aja ya?!..he..he..