CR7 Hemat Daya iPhone 3G

Diposting oleh ardian11 | 9:16 PM | | 12 komentar »

iPhone 3G akhir-akhir ini mempunyai gaung yang ga kalah dengan Blackberry yang dilaunching oleh Telkomsel beberapa waktu yang lalu. Juga banyak orang yang membandingkan antara iPhone 3G dengan Blackberry terutama Blackberry Bold, dan semua orang punya pendapat masing-masing karena memang kedua smartphone tersebut beda segmen. Yang satu untuk “hiburan on the go” yang satu lagi “bisnis on the go”. Bagaimana pendapat anda??

Tapi saya ga akan membahas mana yang terbaik diantara keduanya karena saya emang ga punya kedua smartphone yang lagi booming tersebut. Saya masih setia dengan O2 Atom Black yang sedikit agak ketinggalan dibanding 2 smartphone super duper mahal tersebut.

Bagi sebagian orang kapasitas baterai smartphone tidak bisa mencukupi terutama iPhone 3G yang mana sebagai sebuah perangkat “hiburan on the go”. Di mana hanya bisa bertahan 1 sampai 1,5 hari standby. Tapi hal tersebut terjadi bukan karena tanpa sebab, selain sebagai sebuah media hiburan, iPhone 3G juga merangkap sebagai sebuah ponsel 3G yang tentu saja memerlukan daya yang sangat besar

Ok’s ini dia CR7 yang bukan Cristiano Ronaldo 7 pemain terbaik Eropa dan Dunia tahun 2008 dari Manchester United, tapi CaRa7 alias 7 cara mudah yang bisa anda lakukan untuk melakukan penghematan iPhone 3G milik anda.

CR1
Kurangi tingkat kecerahan layar. iPhone 3G memiliki layar yang lebih cerah dibandingkan dengan iPhone generasi pertama ataupun dibandingkan dengan smartphone lain yang beredar di pasaran.
Untuk mensetting kecerahan (brightness) layar iPhone 3G bisa dilakukan dengan cara ke menu Setting > Brightness. Matikan auto brightness, lalu atur sedikit demi sedikit hingga layar tidak terlalu cerah tetapi segala yang ada di layar masih dapat anda lihat dengan jelas. 10% adalah angka yang masih bisa diterima.

CR2
Matikan WiFi dan 3G jika tidak digunakan. Kelebihan dari iPhone 3G adalah kemampuannya untuk menjelajah 3G network dan WiFi yang bisa digunakan untuk browsing di daerah ber G-Spot, eh bukan maksudnya Hotspot.
Namun bukan berarti kita harus mengaktifkannya setiap saat, karena hal ini akan menguras baterai. Anda bisa mematikan atau menonaktifkan kedua fitur tersebut.
Caranya, Menu Setting > General > Network. Sedangkan untuk WiFi via Setting > WiFi.

CR3
Matikan getar (vibration) di game yang dimainkan. Meskipun getaran memberikan efek nyata dan menambah ketegangan saat bermain game, getaran tersebut akan membutuhkan daya yang lebih besar untuk mengaktifkan hardware yang berhubungan.

CR4
Lakukan segalanya melalui iTunes komputer. Apa yang dimaksud dengan melakukan segalanya? Maksudnya di sini adalah pilih, download dan beli aplikasi yang anda butuhkan untuk iPhone 3G anda melalui iTunes komputer dekstop atau laptop anda yang tentunya harus terhubung dengan internet. Ya memang bisa anda lakukan via iPhone anda, tapi alangkah baiknya sih melalui iTunes tadi. Karena saat melakukan pencarian aplikasi, jalur data iPhone 3G akan bekerja berat dan meyedot daya besar. Belum lagi harus download dan instal. Jika anda lakukan melalui komputer anda tinggal melakukan sinkronisasi, semua yang telah anda lakukan di iTunes akan segera indah ke iPhone 3G anda.

CR5
Atur auto-lock. Anda bisa mengatur auto-lock untuk mengunci layar dalam waktu minimum. Hal ini akan mengurangi aktifnya fitur-fitur yang tidak diharapkan. Misalnya saja anda lupa mengunci layar dan langsung memasukkan iPhone ke saku.
Caranya, Setting > general > auto-lock > pilih waktu paling minim.

CR6
Matikan Push data. Email di iPhone 3G memang tidak benar-benar push email seperti halnya Push Email milik Blackberry. Tapi hampir sama dengan push email milik PDA dengan OS Windows Mobilenya, di mana push email ini adalah pull email terjadwal. Namun data-data sinkronisasi lain memang secara paksa melalui push. Anda bisa mematikan fitur ini, toh anda bisa menarik data-data tersebut persatuan waktu atau bahkan anda bisa melakukan secara manual.
Lakukan hal ini dengan cara Setting > Fetch New Data. Nonaktifkan push dan pilih hourly untuk melakukan pull data (fetch).

CR7
Lha yang ini bukan julukan si Cristiano Ronaldo, tapi Charge iPhone 3G setiap ada kesempatan. Anda bisa melakukannya kapan saja. Misal anda sedang bekerja atau sedang mengaktifkan PC atau laptop, ada baiknya anda hubungkan iPhone 3G dengan port usb tanpa sinkronisasi data. Atau anda sedang dalam perjalanan alangkah baiknya anda sediakan charger mobil.
Satu menit pengisian daya sangat berarti untuk memperpanjang nafas baterai iPhone 3G anda. Sama-sama kita ketahui bahwa mengganti baterai iPhone tidak semudah mengganti baterai smartphone kabanyakan. Karena iPhone mempunyai karakteristik spesial.

Ok’s deh. Cara diatas adalah upaya untuk memaksimalkan daya baterai iPhone 3G anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber : Tabloid Pulsa.


Artikel Terkait:

12 komentar

  1. kasimbu // April 28, 2009 at 11:36 AM  

    ok..
    makasih atas infonya...

  2. Tips PDA // April 28, 2009 at 1:09 PM  

    @ kasimbu > sama-sama

  3. Vincensius // April 28, 2009 at 6:24 PM  

    Mantap infonya...

  4. Tips PDA // April 29, 2009 at 9:35 AM  

    @ Vincensius > thx berat...

  5. kakara // April 29, 2009 at 9:14 PM  

    Nice tips frenz..
    TFS :)

  6. Tips PDA // April 30, 2009 at 2:09 PM  

    @ kakara > thx frenz....

  7. rayearth2601 // May 1, 2009 at 2:28 PM  

    hehe, tak kirain si ronaldo

    ternyata iphone tho

  8. Tips PDA // May 2, 2009 at 9:35 AM  

    @ rayearth2601 > intinya iPhone, tapi Ronaldo diserempet dikit,..he...he..

  9. suzhu BITES // May 2, 2009 at 2:30 PM  

    walah ga punya iphone ny..tp klo ada yg punya bakalan aq suru kesini buat nambah2 inpo dh

  10. Tips PDA // May 4, 2009 at 9:47 AM  

    @ suzhu BITES > sama aku juga punya ne..he2..
    btw thx atas kerjasamanya

  11. Anonymous // June 9, 2009 at 3:55 PM  

    emg nya kalo ngecash nya kapan aja.. bat nya ngedrop ga tuh???

  12. Tips PDA // June 10, 2009 at 3:52 PM  

    @ Anonim > selama saat ngecharge tidak sambil dipake kayaknya oke2 aja...

Post a Comment

Bagi temen-temen yang pengen komentar silakan komentar, tapi yang baik-baik aja ya?!..he..he..