Membuat Ringtone iPhone

Diposting oleh ardian11 | 12:41 PM | | 12 komentar »

Sudah lama poting ne, sebenarnya kondisi badan lagi kurang fit karena beberapa hari yang lalu cidera kaki saat main Futsal di 5 Futsal selatan Universitas Muhammadiah Yogyakarta. Dengan kondisi seperti ini membuatku malas untuk nulis, jadi kali ini aku memposting tentang iPhone yang artikelnya aku dapat saat browsing tentang PDA di PDAmu. Tidak seperti ponsel pada umumnya yang bisa menggunakan file MP3 maupun WAV sebagai ringtone,iPhone tidak mengizinkan file-file tersebut di copykan langsung sebagai ringtone.Anda harus mendownload dari iStore yang berarti harus membeli ringtone tersebut dari perusahaan Apple.

Format Ringtone : Semua file music seperti MP3 , aiff atau pun AAC yang tidak terproteksi bisa di gunakan sebagai ringtone , kecuali file lagu uang di beli dari iStore karena merupakan file terproteksi. Namun kami menggunakan lagu yang kami ambil dari CD kami sendiri, sehingga bukan merupakan file terproteksi, dan kami juga menggunakan iTunes terbaru versi 8.0.

Kami asumsikan bahwa anda sudah memiliki lagu pilihan yang ingin dijadikan ringtone. Sebagai catatan ,karena ini hanya sebagai ringtone,maka sebaiknya lagu di buat sependek mungkin dengan mengambil hanya bagian yg terbaiknya saja.Range durasi lagu yang terbaik adalah sekitar 15 detik sampai dengan 30 detik,dan biasanya di pilih pada bagian reff nya saja.

Sebagai contoh,kami menggunakan file lagu Hot Stuff seperti yang anda pilih klik pada lagu Hot Stuff yang di tandai dengan bar biru,lalu kemudian klik kanan mouse sehingga menampilakn pop-up dari file yang bersangkutan. Di bagian atas menu pop-up tersebut terdapat menu “Get Info” , pilihlah menu tersebut dengan mengkliknya .
Setelah menu tersebut, maka Anda akan disodori lagi sebuah menu yang berisi tab-tab kategori.Diantara tab-tab tersebut terdapat tab ‘option’ yang memiliki submenu yang akan kita gunakan.

Pilih menu ‘start time’ dan ‘stop time’ dengan mencontreng kotak disamping nya. Istilah start time dengan waktu awal dari lagu yang kita inginkan, di sini kami memilih posisi awal pada reff, yaki posisi 1:15 (setiap lagu memiliki posisi yang berbeda-beda) Lalu isilah stop time sebagai waktu akhir dari lagu,disini kami menandai pada 1:30 yang berarti durasi lagu yag kami kehendaki adalah 15 detik. Klik ‘OK’ untuk menutup menu tersebut.

Selanjutnya adalah mengcreate ringtone yang telah kita pilih tersebut menjadi file AAC dengan memilih menu ‘Advance’ lalu memilih ‘create AAC version’ pada menu iTunes.Maka iTunes dengan segera akan mengcreate sebuah file baru dengan ekstensi ‘m4a’ .Bila anda menggunakan Windows, maka kami sarankan agar mematikan fungsi hide known extension agar ekstensi file dapat tampil.

Ringtone Dalam Sekejap : Bukalah folder file tempat anda meyimpan hasil file AAC yang anda buat, atau Anda bisa memindahkan sementara terlebih dahulu ke atas desktop.Anda akan menemukan file baru dengan ekstensi ‘m4a’ seperti pada contoh file kami yang bernama “hot stuff.m4a”. Rename ekstensi file tersebut menjadi ‘m4r’ .
Langkah berikutnya adalah memasukan kembali file tersebut ke dalam library iTunes dengan menyeret file tersebut kedalam iTunes pada bagian library yang akan disorot pada bar biru.File yang di masukan tersebut akan secara otomatis masuk dalam library Ringtone dalam sekejap, Sehingga ringtone tersebut akan di sinkron ke dalam iPhone anda saat terkoneksi.

Artikel Terkait:

12 komentar

  1. gfgf // May 27, 2009 at 1:24 PM  

    patut di coba neh........ infonya bro.... nice post

  2. Unknown // May 31, 2009 at 9:39 AM  

    Wiihhhhh...keren tricknya....
    Sudah di pasang juga tuh...thx ya

  3. Tips PDA // June 1, 2009 at 9:43 AM  

    @ manusia biasa > silakan dicoba...

    @ Vicensius > thx berat...

  4. Heryan Tony // June 1, 2009 at 10:05 AM  

    Info yang bermanfaat, thx ya bro

  5. Anonymous // June 1, 2009 at 10:00 PM  

    hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

  6. Tips PDA // June 2, 2009 at 2:46 PM  

    @ Heryan Toni > thx juga bro Heryan

    @ Hapi > Hapi blogging for u 2

    @ File > thx for the offer

    @ Keyword > thx for the offer n i'll do it as soon as possible

  7. @ Coy // June 3, 2009 at 11:59 AM  

    q coba ah mumpung lagi minjem Ipone hehe :D

    OOT
    Semoga Cepat Sembuh...

  8. Tips PDA // June 4, 2009 at 10:21 AM  

    @ @ Coy > wah mantaf ne dapat pinjeman, boleh pinjem juga donk? he...he...
    Thx bro doanya...

  9. suzhu // June 5, 2009 at 6:37 PM  

    ga punya iphone jadi ga ngerti

  10. @ Coy // June 6, 2009 at 10:14 AM  

    masak barang pinjeman di pinjem lagi hehe...

    Btw blm ada post baru nih?

  11. diaz // December 16, 2012 at 4:45 PM  

    punya saya itu, udah di ganti m4a ke m4r. tapi begitu mau di play atau di drag ke itunes, itune nya ngga mau play. gimana ya? ada solusi?

  12. Adinda Fe // January 14, 2013 at 5:12 PM  

    tulisannya dari 2009 ya, wah semoga saja komen di 2012 masih bisa di balas. iphone saya 3gs, sudah ikuti cara sampai ganti ekstensi m4r berhasil, drag ke library itunes berhasil, sinkronisasi ke iphone 3gs berhasil. tpi pas cek di iphonenya di sounds kok ga ada ya ? mohon pencerahannya sobat yg pinter.

    thanks

Post a Comment

Bagi temen-temen yang pengen komentar silakan komentar, tapi yang baik-baik aja ya?!..he..he..