PDA sebagai modem Internet PC/Laptop

Diposting oleh Street Spirit | 12:37 AM | | 15 komentar »

Beberapa waktu yang lalu ada pernyataan dari temen pengguna PDA terutama O2 atom tentang bagaimana caranya menggunakan PDA sebagai modem internet. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menyeting PDA sebagai modem tergantung dari type PDA dan Operating System (OS) nya (yang Windows Mobile Lho) misal Windows Mobile (WM) 5 dan WM6.
Ok's ga usah berlama-lama, kita langsung aja.

Untuk Windows Mobile 5
Langkah pertama untuk menjadikan PDA anda sebagai modem tentunya anda harus mempunyai Simcard yang sudah aktif GPRSnya dan mensetting GPRS di PDA anda. Cara mensetting GPRS di PDA adalah dengan Auto configuration. Tapi untuk kartu Indosat perlu pengaturan lebih lanjut, caranya bisa dilihat di SINI. Langkah berikutnya, menonaktifkan koneksi ActiveSync di Laptop/PC anda.

Caranya, masuk program ActiveSync di Laptop / PC anda, pilih file > Connection Settings > hilangkan tanda centang pada menu “Allow USB connections” dan “Allow connections to one of the following”, lalu tutup program ActiveSync anda.
Setelah itu kita beralih pada PDA anda, klik menu Start > Program > Wireless Modem. Pada pilihan Connection type pilih USB, kemudian klik Start.

Selanjutnya hubungkan kabel data dari Laptop ke PDA anda, dan laptop akan mendeteksi PDA anda sebagai modem, setelah itu laptop/PC akan meminta anda menginstall driver modem tersebut. Anda bisa mendapatkan driver modem tersebut pada CD yang terdapat pada paket penjualan PDA anda, atau jika CDnya hilang anda bisa mencari di internet (mbah Google) dengan kata kunci “USB O2 Atom Modem Dialer”.
Sebagai catatan, jangan menghubungkan kabel data anda ke PDA sebelum mengklik Start pada Wireless Modem karena Laptop/PC anda tidak akan mendeteksi modem PDA anda.

Nha, setelah instalasi driver modem di Laptop/PC selesai, selanjutnya kita akan membuat koneksi dialer di Laptop/PC anda. Berikut langkah-langkahnya :

1. Klik Start –> Setting –> Control Panel –> Network Connections
2. Pilih Create a new connection –> Next
3. Network Connection Type –> pilih “Connect to the Internet” –> Next
4. Getting ready –> pilih “Set up the connection manualy” –> Next
5. Internet Connection –> Connect using dial up modem –> Next
6. ISP Name –> Isi dengan Access Point Name ( APN ) operator anda
7. Phone Number –> isi dengan *99# lalu Next
8. Pada Internet Account Information, Username dan Password isi dengan Username dan Password koneksi GPRS operator anda. Paramater dari APN, Username dan Password dari operator yang ada di Indonesia, bisa anda lihat disini.
9. Hilangkan tanda centang “Make this default Internet Connection” jika anda tidak menginginginkan koneksi yang sedang anda bikin ini menjadi koneksi default di komputer anda. ( Recommended )
10. Next dan Klik Finish

Setelah itu anda tinggal melakukan dial-up menggunakan koneksi yang baru ana bikin di Laptop / PC anda untuk mengakses internet.


Untuk Windows Mobile 6
Nha untuk PDA dengan seri lebih lanjut (misal O2 Zinc, Atom Life, dan Flame) ato PDA dengan OS WM6 keatas bukan lagi menggunakan Wireless Modem, tetapi menggunakan Internet Sharing.
Internet Sharing sebenarnya sama fungsinya dengan Wireless Modem yang terdapat di PDA O2 lainnya semisal XDA IImini, XDA II ataupun PDA lain yang menggunakan OS WM5. Internet sharing berfungsi menjadikan PDA O2 menjadi modem dengan koneksi GPRS. Hanya saja, Internet Sharing ini penggunaannya dipermudah, tidak seperti fasilitas Wireless Modem yang harus membuat dialer modem terlebih dahulu. Cara dibawah ini menggunakan kabel data (USB Cable) untuk koneksi ke Laptop / PC. Anda dapat pula menggunakan bluetooth sebagai media koneksi ke Laptop / PC anda.

1. Non aktifkan koneksi ActiveSync di Laptop / PC anda.
2. Lakukan Auto Config GPRS di PDA anda, sesuaikan dengan kartu yang sedang dipakai.
3. Setelah itu, colok USB Cable komputer ke PDA anda.
4. Di PDA anda, pilih start > program > Internet Sharing
5. PC Connection > USB
6. Network Connection > settingan gprs anda, misalkan satelindogprs untuk satelindo
7. Setelah itu klik ” Connect “, dan PDA otomatis akan koneksi GPRS.
8. Apabila sudak terkoneksi, anda sudah bisa menggunakan internet di browser Laptop / PC anda.
9. Apabila Laptop / PC anda meminta driver modem, anda bisa installkan drivernya dari CD bawaan unit PDA anda.

Artikel Terkait:

15 komentar

  1. zeze // December 22, 2008 at 1:43 PM  

    kalo koneksi pke PDA kecepatannya lebih tinggi gak di banding koneksi pke handphone 3g??

  2. Tips PDA // December 22, 2008 at 4:27 PM  

    @ zeze > ya tergantung PDAnya apa bos, klo PDA dah mendukung 3g ato HSDPA ya pastinya cepet. Tapi klo masih gprs ya standar hp gprs juga. tapi selain itu tergantung dari providernya juga.

  3. java games // December 23, 2008 at 6:42 PM  

    wah ga sayang pda d jadiin modem? hehe,,

  4. Tips PDA // December 23, 2008 at 10:55 PM  

    @ java games > bukan masalah sayang ato nggak. emang itu adalah salah satu fasilitas yang bisa kita manfaatkan dari PDA. klo aku se saat ini pake promo dari Smart. lumayan gratis 12Gb, he..he..

  5. bywank // December 27, 2008 at 10:14 AM  

    aq pake modem PDA kok cepet panasyah PDAnya? ada solusi nggak? aq pake dopod D810....takut jebol bos....

  6. Tips PDA // December 27, 2008 at 11:08 AM  

    @ bywank > namanya juga sebagai modem, berarti PDA bekerja keras. klo cepet panas ya maklum aja bos. Tapi hal itu juga dipengaruhi oleh beberapa hal, misal ketersediaan sinyal 3G/ HSDPA di daerah anda (D810 udah 3G kan?).

  7. andy // January 9, 2009 at 1:25 AM  

    kalo modem pake PDA kan msh terbatas kan boss....!

    soalnya koneksi kan melalui kartu tlpn yg kita pake....! jadi ga sebebas kita make koneksi dr speedy atao m2 ! btul kaga

    maklum msh newbie nie.......

  8. Tips PDA // January 9, 2009 at 10:44 AM  

    @ andy > iya emang tergantung SIM cardnya, tapi kan bisa pake Indosat M2 ato Telkomsel Flash. PDA nya sebagai modem. Klo speedy ma bukan selular mas, jadi emang beda.

  9. No-Name // January 9, 2009 at 10:35 PM  

    pda jadikan modem apa ga kemahalan bro?

  10. No-Name // January 9, 2009 at 10:42 PM  

    kependekan komenku hehehe
    bro pernah coba pushmail cortado ? gratis. kayaknya lebih layak pda tuh dimanfaatkan untuk pushmail.

  11. Tips PDA // January 10, 2009 at 12:19 AM  

    @ No-Name > bukan masalah kemahalan ato gimana, tapi selain mantap untuk browsing internet secara langsung PDA juga bisa dimanfaatkan sebagai modem PC/ Laptop. Kan, ada yang merasa klo layar PDA terlalu kecil untuk menampilkan halaman web.
    Pernah coba se pake push email, tapi pada akhirnya ga pernah pake. karena tiap hari dah connect internet, klo pagi sampe sore internet di kantor klo dirumah pake modem. so kayaknya kurang perlu push email. Btw thx infonya...

  12. ardy // January 18, 2009 at 4:33 PM  

    bro,

    atom gw sebelumnya dah bisa connect sbg modem, namun sekarang muncul error saat connect:

    " error 734: the ppp link control was terminated"
    dah gw ikutin seperti help nya, namun masih blm solved,

    ada solusi....
    trims

  13. Tips PDA // January 19, 2009 at 12:15 AM  

    @ ardy > anda sudah mencoba untuk me-soft reset PDA anda dan melakukan auto configurasi ulang? Jika belum, anda bisa melakukan keduanya terlebih dulu.

  14. Anonymous // March 31, 2009 at 4:19 PM  

    mas klo pake internet sharing kan jadi lemot koneksinya (aq pke xda-zinc,koneksi telkomselflash)
    ada cara lain g mas??

  15. Tips PDA // March 31, 2009 at 4:51 PM  

    @ anonim > selama ini yang saya tahu seperti cara di atas. koneksi internet selain dipengaruhi oleh handset juga dipengaruhi oleh koneksi provider yang digunakan. alangkah lebih baiknya anda menggunakan modem internet bukan handset yang digunakan untuk modem, karena hal tersebut akan mempengruhi kinerja handset

Post a Comment

Bagi temen-temen yang pengen komentar silakan komentar, tapi yang baik-baik aja ya?!..he..he..